ASESMEN LAPANGAN DARI BAN-PT

4

1

Tangerang Selatan.  Rabu (13/03/2019) merupakan hari yang ditunggu bagi program studi D-III Sekretari Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Karenanya, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah megutus tim asesor BAN-PT Dr. Merry Citra Sondary, S.E.,M.Si dari Universitas Padjajaran (UNPAD) dan Dra. Slamet Mudjijah, S.E., M.M dari Universitas Budi Luhur (UBL) untuk melakukan asesmen lapangan hasil dari narasi borang yang sudah prodi lakukan dan dikirim ke BAN-PT sehingga tim akan mengklarifikasi apakah sudah sesuai dengan bentuk fisik, dokumen, dan sebagainya. Asesmen lapangan dilakukan di gedung Viktor lantai 8 kampus 2 berada di Jl. Raya Puspitek No.46, Buaran, Serpong.

2a

Para tim asesor disambut oleh seluruh civitas akademik Universitas Pamulang bersama  Rektor UNPAM Dr. Dayat Hidayat, MM dan Ketua Yayasan Sasmita Group Drs. Dr. HC. H. Darsono dengan sambutan yang hangat. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua Yayasan Sasmita Group H. Darsono, beliaU mengatakan, bahwa UNPAM merupakan langkah nyata dalam memberikan pendidikan yang baik. “Kami mempunyai mahasiswa yang banyak, sekitar 84.000 mahasiwa yang belajar untuk meraih mimpinya agar bisa kuliah, dengan biaya yang murah dan terjangkau. Sehingga di UNPAM banyak mahasiswa yang sudah menjadi doktor, magister dan sarjana padahal  dulunya adalah pedagang kaki lima, tukang asongan bahkan pemulang. Dengan biaya terjangkau, UNPAM terus membangun gedung, perpustakaan di gital, rumah sakit dan kampus di Serang dengan lahan 160 hektar yang akan menampung 100.000 mahasiswa. UNPAM berkomitmen dengan pendidikan mereka bisa mempunyai kesempatan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi.” Terang Darsono.

5

Sambutan lainnya, datang dari Merry Citra Sondary dari tim asesor BAN-PT. Beliau menyampaikan masalah mutu adalah hal yang sangat penting dalam proses pendidikan di Universitas. “BAN-PT merupakan bagian dari sistem manajemen mutu, posisi yang sama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, merupakan usaha bersama kita agar proses pendidikan lebih baik,” ungkap Merry. Hasil borang yang sudah dinarasikan dan dikirim dari Prodi ke BAN-PT akan di klarifikasi. “Kami datang bukan sebagai investigator, tapi view reviewer, rekan sejawat untuk mengecek kelengkapan bukti fisik, dokumen, sarana dan prasaran, apakah sesuai dengan borang yang dikirim. Jika data lama bisa di up date dengan data baru yang belum ada datanya, bisa di lengkapi agar ada buktinya. Nilai akhir akan diputuskan di Majelis BAN-PT. Hal terpenting adalah setelah borang ada continue improvement” terang Merry.

3

Merry menambahkan, ucapan terima kasih kepada seluruh pihak atas sambutan hangatnya. “Saya tak menduga, jika sambutan civitas begitu hangat, kompak, dari awal hingga akhir acara masih ramai. Hasil wawancara dengan mahasiswa, alumni dan user juga begitu mengesankan. Namun saran saya, kita juga perlu mendatangkan dosen atau narasumber lain agar bisa mengetahui lingkungan luar, tidak hanya lingkungan UNPAM saja,” ungkap penuh kehangatan.

4

Ucapan terima kasih dan arahan juga datang dari asesor Slamet Mudjijah. Belia mengatakan, bahwa UNPAM mempunyai gedung yang megah. “Selama ini, Kami hanya membaca borang saja, saat visitisasi kami melihat sarana dan prasarana yang begitu baik. Kami juga telah visit ke beberapa ruangan, UNPAM mempunyai sarana yang memadai. Saran saya, terkait hak cipta. Prodi tidak hanya mempunyai HAKI tetapi juga hak paten,” jelas Mudji. (den)

Liputan : Deni Darmawan