Racana UNPAM – Perkemahan WiraKarya

spot-foto

PERKEMAHAN WIRAKARYA DAERAH III BANTEN 2019

Gerakan Pramuka adalah gerakan yang bertujuan untuk mendidik pemuda Indonesia menjadi tenaga penggerak kader pembangunan di segala bidang, bermental tinggi, menjadi insan yang mempunyai moral dan budi pekerti yang luhur serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan prinsip dasar metode Kepramukaan.

Gerakan Pramuka memberi kesempatan kepada Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk membina diri menjadi kader pimpinan, baik di lingkungan Gerakan Pramuka maupun di luar lingkungan Gerakan Pramuka. Salah satu usaha untuk melaksanakan hal tersebut adalah dengan mengadakan suatu kegiatan yang berorientasi pada Karya bakti Pramuka bagi masyarakat.

Perkemahan Wirakarya (PW) Daerah III Tahun 2019 adalah salah satu jawaban terhadap persoalan bangsa. PW Daerah adalah sebuah kegiatan Bakti Pramuka yang berbentuk perkemahan dengan sasaran pembangunan masyarakat di tempat pelaksanaan kegiatan tersebut. Beberapa kali pelaksanaan PW sebelumnya mendapat sambutan yang baik dari masyarakat, meski jauh dari kesempurnaan namun setidaknya Gerakan Pramuka telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mewujudkan cita-cita Tri Satya dan Dasa Dharma untuk ikut membangun masyarakat.

Pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Daerah III Tahun 2019 yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kwarda Banten Cikujang, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang pada selasa-minggu/18 s.d 23 Juni 2019 telah menjadi isu positif yang berkembang di kalangan Pramuka. Daerah Pandeglang bagian selatan yang baru saja menerima cobaan bencana alam Tsunami pada tahun 2018 menjadi daerah yang pantas bagi kita untuk membuktikan diri pada masyarakat bahwa Berkarya dan berbakti menuju pramuka yang menginspirasi.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 500 Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari 8 kabupaten/kota yang ada diProvinsi Banten di antaranya :

  1. Pandeglang
  2. Lebak
  3. Kota Cilegon
  4. Kota Serang
  5. Serang
  6. Kota Tangerang
  7. Kota Tangerang Selatan
  8. Tangerang

Dengan beragam kegiatan di antaranya :

  1. Upacara pembukaan

upc1upc2PWD Banten III yang dibuka oleh Ketua Kwarda Pramuka Banten Mohammad Masduki dihadiri Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Ai Dewi Suzana. Hadir pula unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten dan Kabupaten Pandeglang, para Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Provinsi Banten, Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kabupaten/Kota se-Banten serta unsur pimpinan Kwarda dan Kwarcab se-Banten.

  1. Kegiatan membuat spot fotospot-foto
  1. Kegiatan membuat pipanisasipipanisasi
  1. Penyuluhan obat gratis
  2. Bak sampah
  3. Materi (Penyuluhan Pran Pramuka DPB), Penyuluhan obat dan makanan, Penuluhan Anti Narkoba
  4. Wisata Tanjung Lesung

Banyak sekali destinasi di tanjung lesung, padakegiatan ini seluruh peserta dibagi menjadi kelompok, ada 6 destinasi yang dikunjungi masing-masing kelompok di antaranya lava beach, pantai tanjung lesung, mongolia culture dan lain sebagainya.

 

Saya dan kelompok berkesempatan untuk mengunjungi Mongolia Culture.

Tempat tidur budaya mongolia

mongolia1Baju budaya mongolia

mongolia2

Area memanah di mongolia culture

mongolia-cultrue1mngolia-clutur2

Demikianlah kegiatan selama 6 hari, sungguh pengalaman yang luar biasa.

Bangga bisa mengawalmu kontingen cabang Tangerang Selatan, dan terimakasih racana Universitas Pamulang yang telah memberi saya kesempatan untuk ikut andil di dalam kegiatan ini.

Sampai jumpa di kegiatan yang akan datang . . .closing1closing2