Tantangan PAI di Era Digital

1a

Yogyakarta. Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Tri Dharma Universitas, para dosen agama lembaga kajian keagamaan Universitas Pamulang (LKK-UNPAM) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada Senin (22/07) di Madrasah Aliyah Nurul Ummah (MANU) di jalan  Raden Ronggo KG II/982 Kotagede Yogyakarta dengan tema ‘Tantangan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Digital 4.0’ yang disampaikan oleh Deni Darmawan, M.Pd.I  Setelah kegiatan ini, siswa diharapkan bisa memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran dan meningkatkan kualitas diri dengan selalu menjadi generasi yang beriman dan bertakwa, cerdas, dan menguasai IPTEK. Kegiatan ini dimulai dari pagi hingga siang hari, dan ikuti sebanyak 20 siswa.

Dalam sambutannya, Dr. Imam Shofi’i, M.A, selaku perwakilan dari dosen agama UNPAM mengatakan, mengucapkan terima kasih atas sambutannya. “Kami sangat bahagia bisa bersilaturahmi dan bertatap muka dengan guru dan siswa MANU, yang telah menyambut kami dengan penuh kehangatan. Salam untuk pak Rektor UNPAM,  beliau menitip salam karena tidak bisa hadir,” ungkap Imam. Imam melanjutkan, silaturahmi akan terus berlanjut. “kegiatan ini, insyaAllah akan berlanjut. Dosen tidak hanya mengajar di kelas, tetapi juga melaksanakan PKM ,agar ilmunya bisa bermanfaat untuk masyarakat luas. Kami juga akan menandatangani noktah kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua belah pihak akan terjalin hubungan yang baik dan ada kemanfaatan” terang Imam.

5

Sambutan ke-dua datang dari M. Baehaqi, M.A., selaku Kepala Madrasah Aliyah Nurul Ummah. Beliau berterima kasih atas kedatangan dosen agama UNPAM ke MANU. “Kami sangat senang dan bahagia akan kedatangan para dosen ke tempat kami. Kami juga berharap, kehadiran para dosen bisa memberikan pencerahan dan kemanfaatan untuk kami. Kami mohon maaf jika ada sesuatu yang kurang berkenan dalam hal penyambutan,” ungkap Baehaqi.

“Siswa sangat antusias akan kehadiran para dosen yang akan memberikan ilmu dan pencerahan. Apalagi tema yang dibahas sangat up to date. Kami berharap, siswa mempunyai gambaran bagaimana menggunakan teknologi di era digital  dengan baik, bijak dan memanfaatkan untuk belajar, “ tutur Baehaqi kepada seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ini.

Dalam penjelasan, Deni Darmawan selaku pemateri menyampaikan, bahwa tantangan era digital khususnya bagi PAI sangat luar biasa. “Setiap kita dituntut untuk siap menghadapi perubahan era. Jika saat ini sudah di era revolusi 4.0, ditandai dengan internet, merebaknya jaringan sosial atau medsos, maka sudah sepatutnya kita menfaat sebaik mungkin untuk meningkatkan iman dan takwa dan mengusai IPTEK. Gunakan kemudahan teknologi dalam hal pembelajaran dan solusi dalam aktivitas kita,” terang Deni penuh semangat.

7

Kegiatan ini, semua dosen ikut berpartisipasi. Deni Darmawan dosen agama prodi sekretaris bertugas menjadi narasumber. Imam Shofi’i dosen agama prodi D-III akuntansi bertugas memberikan sambutan. Septian Arif Budiman dosen agama prodi manajemen bertugas memimpin games. Amaliyah dosen agama prodi S1 Akuntansi menjadi moderator. Ma’fiyah dan Moh. Jazuli dosen agama prodi manajemen bertugas menjadi MC. Ahmad Yani Nasution dosen agama prodi manajemen bertugas membaca Al-Qur’an. Abu Bakar Dja’far dosen agama manajemen bertugas memimpin doa. Fil Isnaeni dosen agama S1 akuntasi, Anisa dosen prodi kimia dan Yenny Merina dosen agama manajemen bertugas memimpin ice breaking. Sedangkan mahasiswa Unpam, Wulan dan Aulia bertugas mempersiapkan acara.(deni)