Unpam Aktif Dalam Forum Perguruan Tinggi Vokasi Indonesia

4

Semarang. 06 November 2019, bertempat  di gedung Prof Soedarmo, Universitas  Diponegoro  Semarang di selenggarakan  kongres ke-6   Forum Perguruan Tinggi Vokasi  Indonesia ( FTPTVI ). Forum  ini adalah  wadah untuk seluruh perguruan tinggi  negeri dan swasta yang menyelenggarakan pendidikan program D-III  dan D-IV.

Kongres dihadiri  oleh semua anggota  FPTVI dari perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia. Serta  dihadiri oleh  Bapak Prof. Muhammad Nasir, Menristek periode  2014 – 2019  dan dibuka oleh rektor Universitas Diponegoro Semarang oleh Prof. Johanes.

2 copy

Sebagai keynote speaker,  Prof. M. Nasir  menyampaikan bahwa tingkat pendidikan  Indonesia saat ini  masih kalah bersaing dengan Vietnam dan bahkan Indonesai di bawah Vietnam dalam bidang ilmu pengetahuan alam, matematika dan mambaca.

Dunia era  Industry  4.0 and Society 5.0  menurut Prof. M. Nasir ke depan akan diambil alih teknologi kecerdasan buatan manusia atau artificial intelligence, sehingga dibutuhkan sumberdaya  manusia yang mau membaca banyak literasi data dan mampu melakukan analisa data

Kongres  ini juga di hadiri  oleh Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo. Beliau menyampaikan, bahwa masyarakat Indonesia  masih memilih kuliah dalam bidang  sosial  dan hanya  sedikit yang memilih program vokasi, padahal dunia industri  membutuhan banyak lulusan vokasi atau  D-III.

3 copy

Dalam kongres ke-6  ini,  terpilih sebagai ketua  Prof. Budiyono dari Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro  sebagai ketua dan Prof Sigit  dari  Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)  sebagai wakil untuk periode 2019-2020.

Dalam kongres ini  dihasilkan  beberapa  rekomendasi untuk di sampaikan kepada pemerintah,  diantaranya dalam memberikan masukan terkait capaian pembelajaran untuk program vokasi.

Penulis : Sugiyarto