Guru lebih terampil dengan Metode Mind Mapping

14 copy

KEDAUNG. Dalam rangka melaksanakan tridharma perguruan tinggi dosen-dosen D-III Sekretari Universitas Pamulang mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) pada hari Senin-selasa (21-22/10/2019) di Yayasan Iskandariyah (Yasiska) jalan Aria Putra No. 44 Rt09/10 Kelurahan Kedaung Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan dengan tema “Peningkatan Kompetensi Pendidik Melalui Metode Mind Mapping Pada Tenaga Pengajar di Yayasan Iskandariyah Tangerang Selatan”. Kegiatan ini diharapkan agar para pendidik di Yasiska bisa memahami bagaimana langkah-langkah implementasi metode mind mapping dan manfaat yang diperoleh setelah mengusai metode mind mapping.

15 copy

Deni Darmawan sebagai ketua pengusul dan narasumber PKM mengatakan, metode ini akan merangsang otak kiri dan otak kanan siswa. “Metode mind map adalah peta pikiran. Kita bisa membuat dengan sederhana metode ini, dengan menyiapkan kertas, siapkan pulpen/spidol berwarna, buat simbol/gambar yang menarik. Hal ini akan merangsang otak kanan dan otak kiri siswa, dan menyimpan memori lebih lama,” terang dosen D-III Sekretari ini.

Deni melanjutkan, guru mampu menguasai metode mind mapping agar lebih terampil. “Kegiatan ini akan mendorong bapak-ibu untuk bisa menguasai langkah-langkah metode mind map dan mampu menggunakan teknologi untuk pembelajaran agar lebih optimal,” jelasnya. “seorang guru harus mampu mengoperasionalkan laptop, screen, infocus, komputer dan sebagainya. Metode mind map jika kita mampu membuatnya menarik dengan power point akan lebih menarik dan membuat siswa tidak membosankan,” lanjutnya.

16 copy

Ismul Bathni sebagai narasumber juga menjelaskan, seorang guru mampu memilih metode pembelajaran yang cocok dan sesuai. “Guru harus menguasai beberapa metode pengajaran, bisa saja satu metode pembelajaran tidak selalu cocok untuk digunakan pada semua materi pembelajaran. Kalau guru bisa memilih dan menguasai metode pembelajaran dan mana yang cocok akan membuat siswa tertarik,” terang Ismul.

Menurut Ismul, metode mind mapping adalah metode yang cocok dan sesuai untuk guru. “Metode ini bisa merangsang kerja otak kanan dan kiri. Metode ini bisa membantu siswa untuk mengorganisir pengetahuan maupun konsep di dalam otak dengan baik, ingatan lebih lama, pengetahuan mudah dikaitkan satu dengan lainnya sehingga bisa meningkatkan kemampuan siswa,” ujarnya.

5 copy

Untuk lebih kongkrit, Anugrah Sapto Hadi memberikan tips dan praktek langsung. “tulisan tema sentral ditengah, buat cabang-cabangnya dengan warna yang menarik, buat simbolnya agar mudah di ingat. Mudahkan kan,” jelas Sapto.

Setelah penjelasan dari narasumber, para guru berdiskusi untuk lebih mendalam. Kegiatan PKM ini berjalan dengan khidmat dan lancar. Adapun pelaksana PKM ini di inisiasi oleh dosen-dosen sekretari Unpam yaitu Deni Darmawan, Ismul Bathni, Turkamun, Edi Junaedi, dan Anugrah Sapto Hadi. Sedangkan mahasiswi sekretari yang ikut serta membantu dan mensukseskan kegiatan ini adalah Fadilah Aulia Rahma, Novia Widi Yanti, dan Ayu Anggraini Kartika. (deni)

17 copy