HIMA Sekretari Mengikuti Pelatihan Organisasi

4

Pamulang – Dalam rangka pengembangan Skill dan kemampuan dalam berorganisasi, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Universitas Pamulang Dr. M. Wildan, SS.,  MA mengadakan Training and Development kepada HIMA dan UKM Unpam masa bakti 2020-2021 dengan Tema ” Organization Basic Skill for HIMA & UKM yang dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 4 – 5 Februari 2020 di Universitas Pamulang Gedung Pusat Lt.2 Ruang Kaca. Suasana pelatihan Hima dan Ukm kali ini sangat meriah dan penuh dengan semangat karena para pengurus yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dengan hadirnya para Narasumber yang sangat kompeten dan memotivasi dalam memberikan materi dan pengalaman dalam bidang organisasi.

Di hari pertama acara, Pelatihan yang akan diajarkan mengenai karakter seseorang dalam berorganisasi yang disampaikan langsung oleh Bapak Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan Dr. M. Wildan, SS., MA. Dalam pemberian materi pelatihan,beliau menyampaikan “Di dalam sebuah organisasi harus dapat membangun suatu karakter berorganisasi baik itu karakter dari masing-masing anggota maupun karakter yang memimpin organisasi tersebut,” Ujarnya

“Perlu dipahami bersama dalam membangun karakter berorganisasi yang di kedepankan merupakan sifat penyayang, pemaaf dan tidak emosional serta membangun organisasi itu harus mengesampingkan ego masing-masing agar tidak terjadi perselisihan didalam organisasi tersebut,” tambahnya

44 copy

Selanjutnya penyampaian materi dari Derita Qurbani, S.Psi., M.M mengenai Psikologi organisasi, beliau menerangkan bahwa psikologi dalam berorganisasi merupakan ilmu yang mempelajari manusia dalam hubungan dengan organisasi (perilaku manusia dalam setting organisasi).

Diakhir penyampaian materi, Derita Qurbani, S.Psi., M.M memberikan beberapa tujuan dalam berorganisasi. “Salah satunya adalah membangun kepercayaan antara ketua dan anggota organisasi agar tidak ada kesalahpahaman,” ujarnya.

Selepas Ishoma, Narasumber Andri Priadi, S.E., M.M selaku MC Profesional di Universitas Pamulang memaparkan bagaimana cara menjadi Training The Presenter (Public Speaking).

Beliau menyampaikan beberapa point-point penting dalam menjadi Public Speaking yang baik.” Membangun kepercayaan diri, berinteraksi dengan para audience agar tidak jenuh, antusias dalam membawakan sebuah acara, serta berpengetahuan dan menarik untuk dipandang oleh para audiens,” ucapnya.

Disesi terakhir pelatihan hari pertama dilanjutkan dengan narasumber yang sangat menginspirasi yaitu Noto Susanto,S.E, beliau merupakan seorang yang merintis karir mulai dari Security hingga sekarang sudah sukses menjadi Manager Security di  salah satu perusahaan ternama.

Dia membawakan materi mengenai leadership skill, dia mengatakan bahwa  seorang leader yang pertama harus fokus terhadap organisasi. ”Bukan hanya mementingkan kepentingan pribadi,lalu memiliki visi yang jelas untuk menjalankan organisasi, kemudian kepercayaan dari para anggota dan result atau hasil apa saja yang sudah didapatkan dalam menjalankan sebuah organisasi,” terangnya.

Hari ke-2 Kegiatan pelatihan HIMA dan UKM lebih meriah dan menyenangkan karena ini merupakan hari terakhir kegiatan pelatihan dan lebih banyak games serta praktek dalam penyampaian materi pelatihan.

Dalam pelatihan ini mengundang narasumber yang sangat memotivasi di bidang Event Organizer yaitu Weni Pebriani. Beliau sudah sangat berpengalaman di bidang ini terutama dalam mencari Sponsorship & Fundrising, bahkan beliau pada usia yang baru menginjak 21 tahun sudah mendapatkan sponsor sebesar 1M.

Dalam penyampaian materi pelatihannya, Weni Pebriani memberikan beberapa masukan. “Bahwa setiap orang yang kita temui merupakan peluang, maksudnya dalam kesempatan apapun dan bertemu siapapun ajaklah seseorang tersebut berbicara,jangan hanya berdiam diri saja,” paparnya.

Dilanjut dengan penyampaian materi Mengenai Fotografi dan editing yang di bawakan oleh Roby Karisma & Kelvin K Saputra. Roby menyampaikan beberapa materi mengenai konsep – konsep dalam fotografi seperti pencahayaan, sudut pandang kamera dan kontras yang tajam dalam pengambilan gambar baik itu pada Kamera digital maupun kamera Handphone. Sedangkan Kelvin menjelaskan bagaimana cara editing video dan gambar secara profesional dan simple serta memberikan rekomendasi aplikasi editing video maupun gambar yang terbaik. Kelvin juga mempraktikkan bagaimana cara pengambilan gambar yang baik dari sudut pandang dan pencahayaan yang berbeda-beda. Pelatihan materi fotografi dan editing diakhiri dengan sesi praktek dari para pengurus yang sudah membawa kamera masing-masing dan yang menjadi objek foto atau model adalah pengurus Ormawa yang hadir.

Pada akhir sesi pelatihan ini, yang menjadi pembicara merupakan Bu Liza. Beliau memberikan pelatihan mengenai Presenter yang dapat berbicara di depan orang lain dengan baik dan penuh rasa percaya diri. Liza juga memaparkan mengenai teknik presentasi, dalam menyampaikan sebuah presentasi jika kita lupa atau gugup dan tidak ada lagi kata-kata yang ingin di sampaikan lebih baik kita berhenti sejenak dan tahan dulu serta jangan mengeluarkan kata – kata seperti aaa,emm,okee,jadii,anuu, dsb.

Liza selaku narasumber dan panitia kegiatan pelatihan ini menutup acara dengan pembacaan do’a dan foto bersama. (Cintya Anindita & Anisa)

cyintia anindita

Penulis Hima : Cintya Anindita