Meningkatkan Kinerja Dosen Melalui Sitasi Jurnal

20200222_103828

Hari Sabtu 22 Februari 2020, bertempat di  Kampus Unpam Viktor, lantai 6 gedung B  Prodi D3 Sekretari mengadakan workshop  dengan  tema ” Memahami  Google  Scholar, Sinta  dan Sitasi Jurnal Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Dosen”

Pada worksop ini  kami mengundang  para ahli   dari LPPM  untuk  memberikan pemahaman  kepada dosen D3 Sekretari tentang manfaat  dari google scholar  sebagai   media publikasi  hasil penelitian dosen.

Banyak dosen sudah melakukan  publikasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat namun  belum  terpublikasi  melalui google scholar, sehingga    hasil karya para dosen tidak bisa di kutip  oleh  masyarakat  yang memang membutuhkan refensi dari jurnal ilmiah.

20200222_122917

Banyak penulis atau peneliti  mencari referensi penelitian terdahulu, sebagai  dasar  dalam melakukukan pengembangan  penelitian selanjutnya, sehingga  semakin banyak tulisan nilmiah dosen yang terpublikasi  melalui google scholar, maka semakin   banyak pula jurnal dosen  yang bisa di kutip  oleh masyarakat, maka   akan  semakin bagus kinerja  dosen tersebut  dalam memberikan kontribusi  terhadap  lembaga.

Dr. Sugiyanto  menyampaikan bahwa   untuk mencapai  program  studi yang unggul  , banyak indikator atau instrumen yang harus  di kerjakan oleh dosen, di antaranya  adalah  produktif dalam menulis, melakukan penelitian  dan melakukan publikasi  hasil penelitian di pada  jurnal yang terindek, secara  nasional dan interasional.

Dr Ali Maddinsyah, sebagai ketua LPPM Universitas Pemulang  menambahkan, bapak ibu  dosen juga harus mampu meningkatkan kwalitas penelitian  dan penulisan ilmiah  dengan melakukan kerjasama  riset dengan lembaga  lain   di luar kampus sendiri. Hal ini  tentua akan mampu meningkatkan daya  saing kampus  untuk menuju 40 Nasional.

20200222_100908

Workshop   sesi  terakhir  di isi  oleh Dr. Ibnu   dari LPPM yang  membidangi khusus  penelitian, namun  pada  sesi ini  beliau  memberikan pelatihan cara membuat account bagi dosen  belum memiliki   account pada  google  scholar dan account sinta.

Suasana sangat menarik ketika  dosen  mulai membuka kinerja sitasi  jurnal ilmiah yang sudah terpublikasi dan mengetahui  H indek  masing – masing.

Workshop di tutup  oleh   Sugiyarto, selaku  kaprodi D3 Sekretari, yang menyampaikan kepada  seluruh dosen untuk  memberikan pemahaman  kepada  mahasiswa bimbingan  tugas agar  melakukan  sitasi hasil  karya  dosen  yang sudah terpublikasi  melalui  google scholar. ( SG)