Mahasiswa ajak Masyarakat Bijak Menggunakan Media Sosial

PKM-2

Satu hari sebelum ada  kebijakan dari kampus  untuk belajar di rumah secara online, Minggu  tanggal 15 Maret  2020, mahasiswa semester 6,   program studi D3 Sekretari mengadakan pengabdian kepada  masyarakat  di  Asrama Al Ikhwaniyah Cinta  Yatim dan Duafa., Tangerang Selatan

Tema Pengabdian ” Membangun Karakter  Anak  yang  Terancam  Krisis Emosional Lewat Penerapan Etiket dan Pengembangan Diri “

Seperti kita tahu saat ini penggunaan  media sosial  berkembang sangat pesat. Sehingga dibutuhkan peran serta keluarga  dan lingkungan   dalam mengarahkan anak – anak dalam menggunakan  media sosial secara  baik dan benar.

Elizabet, mahasiswa  semester  enam  sebagai pemateri pertama dalam pengabdian masyarakat ini menjelaskan kalau kita lihat saat  ini bullying  melalui media sosial sangat ramai, bahkan lebih cenderung vulgar  dan bebas. Hal inin menggambarkan bahwa  anak  – anak jaman sekarang tidak memahami etika bagaimana  menyampaikan  pendapat  melalui media sosial.

Mereka   belum memahami  apa  yang boleh dan apa   yang tidak boleh  di sampaikan  melalui media  kepada teman mereka secara umum.

Kita harus berfikir  bahwa  kita memiliki  budaya  timur yang tetap harus kita pegang  teguh dalam  menjaga etika pergaulan, kita harus tetap menghargai orang lain dengan melihat kelebihan  dan kekurangan masing – masing. Tidak perlu membuka kelemahan orang lain di depan umum ataupun melalui media sosial.

PKM_M1

Hal ini  bisa menjadi masalah hukum bila  orang yang kita bullying, melaporkan permasalahan  ini ke pihak berwajib dan mengarah kepada masalah hukum  terkait dengan undang –  undang  ITE, walaupun awalnya mungkin hanya bercanda.

Maka  kepada  adik  – adik penghuni asrama,  kita harus mampu menempatkan diri dalam penggunaan teknologi khususnya   telephone celular  dan media sosial. Gunakanlah teknologi untuk sesuatu yang bermanfaat  dan bernilai positif, kata Putri di akhir acara sebagai pemateri kedua  dalam kegiatan  pengabadian masyarakat (SG)

PKM-2