Mahasiswa Sekretari Gelar PKM Kreativitas di Pondok Pesantren Darul Furqon Ramadhan

2 copy

Mahasiswa Prodi D-III Sekretari/Administrasi Perkantoran menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Menumbuhkan Kreativitas dengan Bahan Sederhana Botol Air Mineral di Pondok Pesantren Darul Furqon Ramadhan Gunung Sindur Bogor” pada Sabtu (29/08/2020). Diharapkan para Anak yatim dan dhuafa yang berada di Pondok Pesantren Darul Furqon Ramadhan dapat memiliki jiwa kreativitas tinggi. Kegiatan ini juga termasuk dalam program kreativitas mahasiswa.

Kreativitas berperan besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup manusia. Salah satu ciri karya yang kreatif adalah yang memberikan manfaat sosial sebab jika tidak memberikan manfaat, maka tidak ada artinya.

Kreativitas akan meningkatkan semangat atau motivasi hidup. Orang yang kreatif tidak akan takut kehilangan peluang, sebab ia bisa menciptakan peluang sendiri. Orang yang kreatif tidak takut menghadapi masalah karena ia mampu menyelesaikan masalah dengan daya kreatifnya.

Kegiatan ini berlangsung dengan kehadiran Bapak Zaki Zainal Arifin (Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Furqon Ramadhan), dihadiri oleh keluarga Bapak Zaki sebagai bagian dari pengurus Pondok Pesantren, 18 Panitia dari Mahasiswa D-III Sekretari Universitas Pamulang dan 20 Peserta PKM yaitu Para Anak yatim dan dhuafa Setara Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Dalam sambutan, Hosanna Agree Manalu Selaku Ketua PKM menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk menciptakan kreativitas terhadap anak yatim piatu dan kaum dhuafa. “Kreatifitas barang bekas bisa didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai estetik. Sebagai seorang pelajar yang menjadi generasi penerus harus memiliki kepribadian yang mampu menciptakan kreativitas sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan kepedulian tersebut bermanfaat bagi kehidupan sehari hari,” ujarnya.

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Bukan berarti harus sama sekali baru, tetapi dapat juga sebagai kombinasi dari unsur-unsur yang telah ada sebelumnya. Kreativitas dapat dikembangkan dan ditingkatkan sesuai kemampuan masing-masing individu. Kreativitas berarti berani untuk mengambil risiko, yaitu berani untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan dan hasilnya belum jelas. Ini berarti harus lebih berani melakukan kekeliruan secara berlebihan. Kreativitas mampu menciptakan kewirausahaan. Dengan pribadi yang kreatif, maka seseorang akan mampu menciptakan sebuah usaha. Kreativitas ini berhubungan erat dengan kewirausahaan.

 

Sambutan kedua dari Bapak Zaki Zainal Arifin selaku Kepala Yayasan Pondok Pesantren Darul Furqon Ramadhan. Beliau mengucapkan terimakasih atas kedatangan para Mahasiswa/i. “Terima kasih atas kehadirannya, dimana tujuan dari kedatangan kakak mahasiswa/i ini untuk mengadakan kegiatan yang mengajak anak yatim piatu dan kaum dhuafa untuk saling belajar membuat kreativitas dari bahan daur ulang sederhana menjadi bentuk barang yang lebih bermanfaat dan bernilai,” ungkapnya.

Setiap kegiatan yang dilakukan diharapkan akan memberikan manfaat, demikian juga halnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Tim Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang ini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatan kreatifitas anak bahwa dari barang bekas botol air mineral dapat di daur ulang untuk menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat yaitu vas bunga hiasan meja dan tempat menyimpan alat tulis .

Dalam pelaksaan kegiatan ini, mahasiswa/i dan anak yatim piatu dan kaum dhuafa tetap melakukan Protokol Kesehatan sesuai aturan seperti Menggunakan Masker dan Hand Sanitizer. Berikut lampiran foto dimana panitia memakai masker dan face shield, cuci tangan sebelum masuk, memakai hand sanitizer, membagikan masker ke setiap anak yatim.

Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala. Penyampaian materi juga dapat di terima dengan baik oleh para peserta PKM dan sangat antusias kepada narasumber.

 

Penulis: Hosanna Agree Rosion Manalu – Ketua PKM dan Mahasiswa Sekretari/AP Unpam