HIMPUNAN MAHASISWA PRODI SEKRETARI UNPAM GELAR BHAKTI SOSIAL

Bencana alam di awal tahun 2021 sudah banyak menerpa hampir seluruh daerah di Indonesia. Perubahan cuaca yg tidak menentu menjadikan terjadinya hujan secara terus menerus selama beberapa hari yg mengakibatkan banjir serta longsor di beberapa titik bencana terutama di Rt. 018/06 desa Lenggahsari, Kab. Bekasi Barat, Jawa Barat yang tertimpa banjir selama kurang lebih 33 hari lamanya. Hima Sekretari bersama Hima Fakultas Ekonomi (Hima Manajemen, Hima S1 Akuntansi, Hima D3 Akuntansi) dan UKM Mapala Archa Buana Universitas Pamulang menjalin kerja sama atas dasar rasa kemanusiaan untuk membantu korban bencana alam yang ada di desa Lenggahsari tersebut pada Jum’at (05/3/2021).

Proses kegiatan Bakti sosial ini dilaksanakan mulai dari Penggalangan dana yang dikumpulkan selama 2 minggu dengan hasil donasi beberapa juta dari para donatur hingga proses pendistribusian langsung berupa logistik oleh panitia ke titik lokasi bencana di Ds. Lenggahsari.

Ketua Rt Desa Lenggahsari menyambut dengan hangat kedatangan kami disana dan memberikan sedikit gambaran dari kondisi warga yang terdampak banjir “Terima Kasih kepada adik-adik mahasiswa Universitas Pamulang yang mau menengok keadaan desa Lenggahsari ini. Ya seperti ini kondisinya, sudah hampir 33 hari rumah kami terendam banjir dan ini menjadi banjir terlama yang kami hadapi, sebelumnya hanya 15 – 20 hari saja. Kedalaman terparah sampai sepinggang orang dewasa yang menjadikan aktivitas di desa ini terhenti, air bersih juga kami beli dari desa sebrang yang jaraknya bisa berkilo – kilo meter” Ujar Shadur

Menurut informasi yang diperoleh di lokasi, jumlah Kepala keluarga (KK) di Rt Bapak Shadur pimpin  ada 120KK dan 87 Rumah. Bencana banjir ini rupanya  bencana tahunan dikarenakan desa ini dihimpit oleh 2 aliran kali yaitu ciherang dan citarum yang jika musih hujan datang maka kali tersebut meluap dan desa tersebut terendam oleh luapan kali-kali tersebut.

Ketua Pelaksana kegiatan bakti sosial ini yang juga merupakan ketua Hima Sekretari Periode 2021/2022 menyampaikan rasa belasungkawa dan memberikan sedikit  motivasi kepada warga lokal disana agar tetap tabah dan tangguh menghadapi ujian ini “Saya selaku perwakilan panitia kegiatan bakti sosial kemanusiaan ingin memberikan sedikit bantuan, semoga berkah dan bermanfaat walau tidak seberapa besar pemberiannya. Dan semoga ketabahan dan ketangguhan warga menghadapi ujian saat ini dapat terbalaskan oleh Allah Swt.” ujar Cintya

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan pembagian logistik ke rumah warga sekaligus dokumentasi kegiatan bersama warga dan ketua rt  setempat.