PROPESA 2017 : MENCERAHKAN DAN MENCERDASKAN

img-20170904-wa0015

 

Universitas Pamulang (UNPAM) menggelar kegiatan Propesa tahun ajaran 2017/2018 pada hari Sabtu (2/9) untuk reguler C di auditorium gedung A dan hari Senin (4/9) untuk reguler A dan B di gedung Viktor. Propesa dihadiri oleh mahasiswa baru UNPAM  dan dosen dari berbagai fakultas. Kegiatan ini berlangsung dengan tertib mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Para mahasiswa baru dalam mengikuti rangkaian acara dari awal hingga akhir begitu antusias dan semangat.

img-20170904-wa0013Begitu banyak mahasiswa baru yang ingin mendaftar di UNPAM. Untuk Prodi D-III Sekretari tahun ini, banyak juga mahasiswa yang mendaftar. “Keseluruhan mahasiswa baru berjumlah 306, yang terdiri dari 59 mahasiswa regular A, 34 mahasiswa regular B. Sedangkan regular C berjumlah 213 mahasiswa,“ ungkap Ibu Dr. Dewi Anggraeni selaku Kaprodi D-III Sekretari. “Jumlah mahasiswa prodi Sekretari semakin meningkat. Puncaknya itu tahun ajaran 2016/2017 menerima 16 kelas, regular A berjumlah 3 kelas, regular B berjumlah 3 kelas dan regular C berjumlah 10 kelas. Tahun ini kami baru menerima 14 kelas, dan masih menunggu gelombang 4 (Tes PMB) dan peralihan dari mahasiswa management,” lanjut Ibu Dewi.

img-20170904-wa0014Mahasiswa baru program D-III Sekretari begitu antusias mengikuti propesa. Ini terlihat dari wajah mereka yang begitu serius dan semangat menyimak penjelasan dari berbagai nara sumber.  “Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mendengar secara seksama, mulai dari penjelasan pak Rektor, kepala yayasan, pembelajaran e-learning, dsb, sangat antusias dan luar biasa,” terang Ibu Desi, salah satu dosen prodi D-III Sekretari dengan senyum yang khas.

Beliau juga menambahkan, saat propesa untuk hal-hal teknis agar dapat diatur sedemikian rupa. “Saat seluruh mahasiswa mau keluar untuk istirahat, sholat dan makan siang, namun panitia kurang mengatur hingga mahasiswa bentrok. Saran Saya sih lebih baik diatur perprodi saat keluar, agar lebih teratur dan tidak berdesakkan” jelas Ibu Desi.

img-20170903-wa0001Euphoria propesa dan antusias mahasiswa mengikuti kegiatan ini sangat terasa. “Alhamdulillah, tadi mahasiswa semangat sekali. Berbagai materi disampaikan, diantaranya bagaimana menjadi seorang mahasiswa baik, penjelasan e-learning, kunjungan perpustakaan, tour kampus dan kelas. Wah pokoknya sangat seru dan antusias sekali,” tuturnya Pak Waluyo yang juga dosen prodi D-III Sekretari saat menjaga prosesi kegiatan ini.

Himpunan mahasisa sekretaris (HIMAS) juga ikut ambil bagian dalam prosesa tahun ini. Dengan membuka stand pendaftaran untuk mahasiswa baru, menjadi motivasi dan dorongan yang kuat agar mereka bisa meningkatkan bakat dan kualitas diri. “Hadirnya kami ingin memperkenalkan Himas, agar mereka mau bergabung dan bisa menyalurkan potensinya. Kami juga sudah mendesain stand agar menarik. Galeri dari semua kegiatan seperti seni & budaya, olah raga, broadcasting, kami perlihatkan. Biar tambah seru dan meriah, kami tampilkan musik akustik yang dimainkan oleh Imam, semakin lengkap saja,” tutur Alana Septiyani selaku Ketua HIMAS.

Sebagai mahasiswa baru, Karina begitu senang mengikuti propesa ini. “Luar biasa, senang sekali bisa mengikuti Propesa. Selain dapat ilmu dan informasi dari para nara sumber, gedungnya juga nyaman.” ujar Karina saat ditanyai tanggapan tentang Propesa UNPAM tahun ini.

img-5288Rose sebagai mahasiswi baru di Prodi D-III sekretari juga sangat semangat bisa mengikuti propesa. Terlebih menjadi bagian keluarga besar dari Himas. “Seneng bisa menjadi mahasiswi sekretari. Keliatannya seminar yang diadakan prodi sekretari sangat menarik. Aku juga mau belajar grooming, table manner dan mempelajari etika tentang cara berpakaian yang sopan” ujar Rose dengan senyum sumringah. (Liputan : Gita Fitriani & Ahmad Noval. Ed :Deni Darmawan)