PKM : Attitude, Atention dan Action

6

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang diselenggarakan pada Rabu (27/09) oleh dosen-dosen prodi Sekretari di Kelurahan Cempaka Putih Kec. Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan berjalan dengan lancar. PKM kali ini mengusung tema “ Inovasi pelayanan publik dan pembinaan pelayanan prima serta hubungan masyarakat di Kelurahan Cempaka Putih”. Seluruh pegawai dan staf  begitu antusias mengikuti PKM dari awal hingga akhir acara. Kegiatan ini memberikan pengetahuan dan pencerahan kepada seluruh pegawai, karena salah satu fungsi kelurahan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

3Kedatangan  para dosen di Kelurahan Cempaka Putih disambut hangat oleh kepala Lurah, Tarmizi, S.Ag,. M.M. “Saya dan seluruh pegawai kelurahan sangat gembira dan sangat mengapresiasi atas kedatangan bapak dan ibu dosen yang telah memberikan banyak masukkan dan ilmunya kepada kami”, tuturnya saat memberikan sambutan ditengah para pegawai dan dosen Universitas Pamulang. Kegiatan ini menjadi motivasi dan perbaikan kinerja pegawai dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. “Teori dan informasi yang diberikan kepada kami sangat bermanfaat, saat kami memberikan pelayanan kepada masyarakat, insya Allah akan kami aplikasikan. Kami juga sudah banyak melakukan kerjasama dengan masyarakat melalui lembaga-lembaga yang didirikan, ini semua berkat kerjasama antara kelurahan dan masyarakat” terang Tarmizi.

2Staf ahli yayasan Sasmita group yang diwakili oleh Drs. Sugeng Hidayat, M.Si, juga memberikan sambutan dalam kegiatan ini. “Silaturahmi ini akan banyak memberikan manfaat untuk para pegawai dan para dosen. Kegiatan ini terjalin, berkat kerjasama yang baik, terlebih kepala lurah yang juga lulusan pasca sarjana jurusan manajemen Universitas Pamulang,” jelas Sugeng.

Kegiatan ini tidak hanya disampaikan oleh dosen Sekretari, namun juga dari dosen Pasca Sarjana Manajemen. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Hadi Supratikta, M.M, dosen program Pasca Sarjana Manajemen mengenai inovasi pelayanan publik. Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Deni Darmawan, S.Sos,. M.Pd.I, dosen program Sekretari mengenai pelayanan prima dan hubungan masyarakat.

4“Inovasi pelayanan publik akan terus mengalami peningkatan dan kemajuan. Pelayanan sudah menggunakan teknologi. Karakteristik  pasar  yang  dinamis,  kompetisi  global,  membuka ruang    dan    kecenderuangan    membentuk    jejaring,    posisi tenaga  kerja  dengan  upah  tinggi,  keterampilan  luas  dengan berbagai disiplin, pembelajaran tanpa kenal waktu, jadi setiap daerah memerlukan inovasi,” jelas Hadi.

5

Dalam melakukan pelayanan prima ada kiat khusus. “Ada 3A kiat dalam pelayanan prima yaitu attitude, atention dan action. Attitude  berkaitan dengan sikap dan tutur kata kita, penampilan, ekspresi wajah, dsb. Attention berkaitan dengan memperhatikan pelanggan dengan cara listening dan observation. Action berkaitan dengan cepatnya pelayanan administrasi, murah bahkan gratis dalam pelayanan. Kesemuanya itu akan mencapai kepuasan, godwill, citra atau opini yang baik,” papar Deni penuh semangat. (Deni Darmawan)

6