Bella Claudina Sang Novelis Dari Mahasiswi Sekretari UNPAM

1

Karya mahasiswi Program D-III Sekretari UNPAM.

1Minggu (1/10/2017) menjadi hari bersejarah dan istimewa bagi Bella Claudina. Pasalnya, Mahasiswi semester tiga program D-III Sekretari Universitas Pamulang ini, novel yang ditulis yang berjudul ‘Brondongku Sayang’ telah dilaunchingkan di Gramedia Books Store Jl. Matraman Raya Jakarta Timur.

Dari bulan Januari 2017 Bella sudah aktif menulis. Waktu yang tidak begitu lama, namun Bella sudah mampu menulis empat novel, dari empat novelnya itu ada satu novel yang berjudul ‘Brondongku Sayang’ yang diterbitkan oleh Gramedia. “Senang dan tidak menyangka jika novel Brondong Sayang bisa diterbitkan,” tutur Bella dengan penuh syukur.

Karena seringnya membaca novel di Wattpad, yaitu kumpulan novel yang diposting dari berbagai penulis dan pembaca, akhirnya Claudinaab, begitu nama sapaan penanya, mampu menuliskan empat novel yang bergenre cinta kemudian diposting ke Wattpad, hingga novelnya yang berjudul brondongku sayang dibaca sampai 4.5 juta kali oleh pembaca Wattpad.

2Kegemaran membaca novel melalui Wattpad, akhirnya membuahkan hasil. Novel  ‘Brondongku Sayang’ hasil fiksinya sudah dijual diberbagai toko buku. “Awalnya hanya iseng, dari kegemaran membaca novel di Wattpad, akhirnya aku berusaha menulis, bahkan aku tuliskan memakai handphone, setahap demi setahap akhirnya rampung juga,” ujar Bella dengan senyum sumringah saat launching di Gramedia Matraman.

 Bella menambahkan, menulis setiap bab dalam novel agar emosi pembaca terlibat memang sulit. “Aku berusaha agar setiap bab yang ditulis, ada emosi yang dirasakan oleh pembaca. Kutulis dengan bahasa bertutur yang ringan, dan anak muda banget, hal inilah yang membuat jutaan pembaca di Wattpad, membaca novelku hingga diterbitkan,” tuturnya ditengah saat sesi tanya jawab.

3Kaprodi program D-III Sekretari Universitas Pamulang, Dr. Dewi Anggraeni turut hadir dalam rangka memberikan dukungan dan apresiasi kepada Bella. “Kami sangat bangga karya Bella bisa diterbitkan. Sebab memang tidak mudah, membuat novel harus suka membaca dulu kemudian menulis. Prestasi dan karya Bella ini, bisa memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa UNPAM, khususnya mahasiswa program D-III Sekretari agar minatnya bacanya tinggi dan bisa menulis,”  jelas Dewi saat menghadiri launching novel Brondongku Sayang.

Pembina mahasiswa program D-III Sekretari Deni Darmawan, juga hadir dalam rangka memberi motivasi dan dukungan kepada Bella. “Saya bangga dengan Bella, akhirnya karyanya bisa diterbitkan, padahal saat dikelas, Bella pendiam tapi prestasi sangat bagus, tidak hanya dikampus tapi juga di luar kampus,” ujar Deni yang juga turut hadir saat launching.

4Deni menambahkan, agar novel yang dibaca oleh jutaan kalangan remaja, bisa membawa perubahan positif. “Nilai edukasi harus lebih mendalam, karakternya bisa menjadi contoh dan teladan bagi anak muda, sehingga bagi yang membacanya bisa ada perubahan yang baik dan mengambil hikmahnya, walaupun hanya cerita fiksi,” lanjutnya.

Orangtua, kerabat, rekan dan para pembaca setia novel Bella turut hadir. “Terima kasih atas kehadiran kalian semua. Insya Allah novel berikutnya yang berjudul ‘Satu Tujuan’ akan segera diterbitkan, karena novel ini sudah jutaan juga dibaca oleh pembaca Wattpad,” jelas Bella. (Liputan : Gita Fitriani mhs sekretari angk. 2016. ed : Deni Darmawan)

5