Peningkatan Pelayanan di Staf Kelurahan Pamulang Barat

6

1

  Pengabdian Kepada Masyarakat Rabu (PKM) yang dilakukan oleh dosen Studi D-III Administrasi Perkantoran di Kelurahan Pamulang Barat berjalan dengan lancar. PKM yang dilaksanakan pada hari Rabu, 18 April 2018 mengambil tema ‘Pembinaan Pelayanan Prima dan Hubungan Masyarakat (HUMAS)’ yang dihadiri oleh dosen, mahasiswa, dan staf kelurahan Pamulang Barat. Kelurahan yang beralamat di Jl. Surya Kencana No. 1, Pamulang, Tangerang Selatan, menjadi awal kerjasama yang baik dengan studi D-III Administrasi Perkantoran dalam mengadakan pelatihan dan pengabdian untuk meningkatkan kinerja staf kelurahan.

6

         Turut hadir dalam PKM ini, yaitu Lurah Pamulang Barat, Supriyadi S.E M.Si, ketua prodi Adminstrasi Perkantoran, Dr. Dewi Anggraeni S.H M.H, dan beberapa dosen dari Universitas Pamulang, Siti Zubaidah S.Pd M.Pd, Ratna Suminar M.M, Drs. Rachman Suhendar, MM, Waluyo S.Pd MM, dan Dessilia Purnama Dewi. SE. M.M. 4 mahasiswa Administrasi Perkantoran yang ikut serta adalah Muhammad Jajang, Malik Ibrahim, Vivi Tri Kurnia, dan Tria Oktaviani.

2

          Saat sambutan yang disampaikan oleh Dewi, selaku Kaprodi,  ketika PKM berlangsung, agar kedua belah pihak bisa melakukan kerjasama yang baik ke depannya. Sehingga, dengan kegiatan PKM ini, bisa saling bersinergi dan membantu staf untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pelayanan prima dan hubungan masyarakat. Teori-teori yang sudah dikuasai oleh dosen, akan lebih aplikatif jika disampaikan oleh staf kelurahan. Pelaksanaan dalam rangka pelayanan kepada masyarakat, apakah sudah sesuai atau belum. Sehingga, masalah yang dihadapi bisa menjadi solusi dan perbaikan dalam hal pelayanan dan hubungan masyarakat.

           Hal yang senada juga disampaikan oleh lurah kecamatan Pamulang Barat, Supriyadi. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara PKM, karena telah mengadakan acara tersebut, dan berharap setelah acara tersebut, staff kelurahan menjadi lebih prima dalam melayani masyarakat dan terjalin hubungan yang baik dengan masyarakat.

3

  Dalam menyampaikan materi, salah satu dosen yang menjadi narasumber, Ratna Suminar menyampaikan,  PKM bertujuan membentuk HUMAS yang baik. Yang perlu dimiliki agar menjadi HUMAS yang baik dalam melayani masyarakat yaitu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Berbagai karakteristik masyarakat yang berbeda-beda, mengharuskan komunikasi tersebut adanya timbal balik dari staf dan masyarakat. Setelah adanya kegiatan ini, diharapkan staf Kelurahan Pamulang Barat dapat memberikan pelayanan prima dengan etika menerima tamu sebagaimana mestinya, sesuai standar operasional, dan selalu meningkatkan sumber daya manusia. Begitu yang disampaikan oleh Ratna saat menjadi narasumber.

5

   Tidak hanya pemaparan materi, dalam sesi tanya jawab, staf karyawan begitu antusias mengajukan pertanyaan. Diantaranya adalah Jamal. Pertanyaan yang diajukan adalah, tentang sebagian tipe dari masyarakat yang suka riweh, suka berdebat. Kemudian narasumber menjelaskan, agar memberikan pelayanan sesuai prosedur, standar yang ditetapkan.

Processed with VSCO with preset

Penulis : Oleh : Vivi Tri Kurnia (Mhs AP Semester 2)

Ed: Deni Darmawan